Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Posted on

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran – Penawaran merupakan keseluruhan jumlah barang yang bersedia untuk ditawarkan pada berbagai tingkatan harga tertentu dan waktu tertentu. Apabila harga suatu barang mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan akan bertambah. Begitu pula sebaliknya apabila harga yang ditawarkan menjadi turun, maka jumlah barang yang ditawarkan juga mengalami penurunan atau jumlahnya semakin sedikit.

Begitu pun dengan pembeli, mereka tidak akan hanya memperhitungkan faktor saja dalam menyusun daftar penawaran mereka. Karena tentu saja, pembeli tidak hanya memperhitungkan faktor harga saja, tapi ada beberapa hal yang juga menjadi pertimbangan bagi seorang pembeli.

Karena pada kenyataannya ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi penawaran penjual, namun ketika merumuskan sebuah penawaran, cukup dengan menghubungkan harga dan jumlah barang atau jasa yang akan mereka tawarkan. Faktor lainnya seperti harga dianggap tidak berubah (ceteris paribus).

 

Berikut Ini Adalah Faktor-Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Penawaran:

Sebuah produksi memiliki hubungan yang sangat erat dengan penawaran. Karena hal-hal yang mendorong dan juga mampu menghambat kegiatan produksi dapat berpengaruh terhadap jumlah sebuah penawaran.

Berikut ini faktor-faktor yang mampu memengaruhi sebuah penawaran:

Harga Dari Barang Itu Sendiri

Jika harga barang yang ditawarkan mengalami kenaikan, maka jumlah barang yang ditawarkan juga akan mengalami peningkatan atau juga kenaikan. Dan sebaliknya apabilah jumlah barang yang ditawarkan mengalami penurunan maka harga yang akan ditawarkan oleh penjual pun juga akan mengalami penurunan harga. Seperti contoh misalnya. Jika harga sebuah pasta gigi meningkat dari Rp. 2.500,00 menjadi Rp. 3.000,00 maka jumlah barang yang akan ditawarkan oleh penjual pun akan mengalami peningkatan.

Harga Barang Pengganti

Meningkatnya harga penawaran bukan dikarenakan meningkatnya jumlah barang saja, namun juga dikarenakan oleh faktor harga barang penggangi. Jika harga barang pengganti mengalami peningkatan maka penjual pun juga akan meningkatkan jumlah barang yang ditawarkan. Dengan begini penjual berharap konsumen akan beralih dari barang penggantu ke barang barang lain yang ditawarkan, karena harganya lebih rendah atau murah.
Contohnya seperti, harga kopi meningkat menyebabkan harga barang penggantinya yaitu teh menjadi lebih rendah, sehingga penjual akan lebih banyak menjual teh dari pada kopi.

Biaya Produksi

Biaya produksi berkaitan erat dengan harga penawaran barang, karena besar kecinya biaya produksi dapat mempengaruhi harga dari suatu barang. Karena biaya yang digunakan dalam proses produksi seperti biaya yang digunakan untuk membeli bahan baku, biaya untuk menggaji pegawai atau karyawan hingga biaya untuk membeli bahan-bahan penolong dan lain sebagainya, juga mempengaruhi harga dari sebuah barang yang akan dijual.

Jika biaya-biaya produksi meningkat, maka harga barang yang diproduksi akan melambung tinggi. Akibatnya produsen akan menawarkan barang produksinya dalam jumlah yang lebih sedikit.

Hal ini dikarenakan produsen tidak ingin mengalami kerugian, dan sebaliknya jika biaya produksi turun maka produsen akan meningkatkan jumlah produksinya. Dengan begitu penawaran terhadap barang yang dihasilkan pun akan meningkat.

Kemajuan Teknologi

Tidak banyak yang mengetahui apabila kemajuan teknologi juga sangat berpengaruh terhadap besar atau kecilnya harga barang yang ditawarkan. Kemunculan teknologi yang lebih modern akan memudahkan produsen dalam menghasilkan barang atau pun jasa.

Dengan penggunaan mesin-mesin modern mampu menurunkan biaya produksi dan dapat memudahkan produsen dalam menjual barang dengan jumlah yang lebih banyak.

Contohnya seperti, untuk menghasilkan 1kg gula pasir biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan Gula Manis sebesar Rp. 5.000,00. Harga jualnya menjadi sebesar Rp. 7.500,00/kg. Namun dengan bantuan mesin yang lebih modern, perusahaan mampu menekan biaya produksi hingga hanya menjadi Rp. 3.000,00/kg. Dengan harga jual sama saja, perusahaan mampu memproduksi lebih banyak gula dalam waktu singkat dan menjualnya. Sehingga laba yang diperoleh bisa lebih banyak.

Di dalam hubungannya dengan penawaran suatu barang, kemajuan teknologi menumbulkan dua efek, yaitu produksi dapat ditambah dengan lebih cepat dan biaya produksi semakin murah. Dengan begitu keuntungan menjadi bertambah tinggi.
Pajak

Sama halnya dengan biaya produksi, pajak juga menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi harga penawaran terhadap suatu produk. Karena pemerintah sendiri telah menetapkan nilai pajak yang untuk suatu produk sehingga apabila pajak dari suatu barang tersebut menjadi tinggi dapat mengakibatkan berkurangnya permintaan dan penawaran pun juga akan berkurang.

Perkiraan Harga di Masa Depan

Perkiraan harga di masa depan juga sangat mempengaruhi besar atau kecilnya jumlah penawaran. Jika perusahaan memperkirakan harga barang atau jasa menjadi naik, sementara penghasilan masyarakat tidak mengalami perubahan, maka perusahaan akan menurunkan jumlah barang dan jasa yang nantinya akan ditawarkan.

Contohnya, seperti pada saat krisis ekonomi melanda, harga-gara barang dan jasa akan meningkat naik sementara penghasilan masyarakat rekatif tetap. Sehingga mengakibatkan perusahaan akan mengurangi jumlah produksi barang dan jasa karena takut tidak laku dan membuat perusahaan menjadi gulung tikar.

 

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *