Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Switch

Posted on

Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih switch komputer agar jaringan menghasilkan koneksi LAN atau WAN yang bagus. Karena menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya mesti mempertimbangkan hal ini dan tentu saja ini sangat penting.

Bagi pengguna yang belum mengerti akan hal terkait dengan ini, memang masih terkesan asal-asalan saat memilih switch yang dimaksud. Padahal komponen ini termasuk penting karena berfungsi sebagai penyampai sinyal agar lebih stabil pada UTP antar komputer.

Artinya hal ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan atau asal-asalan karena dapat berakibat merugikan kamu sebagai pengguna. Untuk mengetahui apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih switch, kamu boleh menyimak penjelasan kami berikut ini:

Tentang Hal yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Switch

Yang harus dipertimbangkan dalam memilih switch adalah beberapa metode yang bisa kamu gunakan agar tidak salah menentukan pilihan. Maksudnya, saat kamu memilih switch untuk digunakan pada komputer, memang harus dilakukan secara tepat agar berfungsi dengan baik.

Karena seperti kamu ketahui ada hal yang penting agar sistem komputer dapat membuat koneksi antar komputer dengan baik dan benar. Item tersebut adalah NIC, kabel jaringan, modem, router, review, dan switch sebagai komponen penting pada jaringan antar komputer.

Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Switch
Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Switch

Perlu kamu ketahui bahwa switch adalah perangkat sebagai duplikat atau penguat untuk menghubungkan kabel UTP antar komputer. Fungsi switch antara lain memonitor paket data yang dikirim melalui kabel jaringan.

Selain itu, perubahan ini menentukan arah paket data, serta kemampuan untuk beralih ke titik di mana data ditransmisikan secara akurat. Switch mirip terdiri dari beberapa port yang dapat digunakan sebagai koneksi antar komputer.

Baca Juga :  Cara Mudah Menginstall Windows 7

Ada beberapa jenis switch, yaitu 8, 16, 24 port dan lain sebagainya dan menggunakan switch sama pada komputer Ethernet. Setiap port yang terhubung ke switch dapat mengubah kecepatan dengan duplex untuk mendukung kecepatan Ethernet.

Misalnya pada kecepatan 10, 100, hingga 1000 Mbps atau dapat mengatur ulang kecepatan default. Kemampuan untuk beralih mengontrol data masuk atau sedang berjalan memberikan bandwidth jaringan yang lebih besar, dan paket data akan aman.

Switch juga digunakan untuk membagi jaringan menjadi beberapa bagian yang berkaitan dan berfungsi untuk menghubungkan segmen jaringan dengan frekuensi berbeda. Karena komponen switch adalah perangkat yang memiliki area penting pada LAN atau Local Area Network.

Memilih switch tidaklah sulit, meski begitu tidak juga hal ini bisa dilakukan sembarangan karena akan berakibat tidak baik. Jadi ada beberapa pertimbangan yang harus kamu kedepankan saat memilih switch tersebut.

Seperti pada penjelasan yang ada di bawah ini:

Ketahui Apa yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Switch

Sebelum menentukan pilihan, kamu memang harus mengedepankan apa yang harus dipertimbangkan dalam memilih switch. Karena ini juga akan menjadi penentu, tepat atau tidaknya penggunaan switch yang kamu gunakan.

Seperti pada beberapa petunjuk berikut:

  1. Jumlah Port

Port 4, 8, 16 dan 24 adalah yang paling umum serta menyediakan beberapa konfigurasi port tergantung pada ukuran jaringan. Terutama dengan menambahkan host yang terlihat dan dilakukan untuk menghindari kekacauan yang tidak perlu.

Artinya perhitungan akan jumlah port juga sangat penting untuk kamu lakukan dengan beberapa pilihan yang tersedia. Seperti 2, 4, 8, 16, 24, 32, dan 48 port.

Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Switch
Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Switch
  1. Speed Transfer Data

Potensi konversi data melalui switch juga berdampak signifikan pada media komunikasi dan memang harus sesuai. Jika memilih menggunakan switch dengan kecepatan 100 Mbps maka kabel harus memiliki jumlah yang sama.

Baca Juga :  Cara Gampang Memasang Google Maps di Website Atau Blog

Jangan sampai kabel penghantar yang digunakan memiliki kecepatan yang lebih rendah dari switch. Selain itu ragam kecepatan switch yang bisa kamu rujuk adalah 10, 10/100, dan 10/100/1000 Mbps.

  1. Switch Managed atau Unmanaged

Perlu kamu garis bawahi, jika switch managed direkomendasikan untuk jaringan dengan jumlah banyak. Namun, jika jaringannya kompleks fungsi atau jumlah data tidak berbeda, cukup menggunakan tipe unmanaged saja.

  1. Jenis Port

Kamu juga tidak bisa sembarangan dalam memilih jenis switch dengan tidak mengedepankan jenis yang ada terlebih dahulu. Kamu harus menyesuaikannya dengan kebutuhan yang ingin digunakan agar perhitungan menjadi lebih pas.

  1. Daya Listrik serta Dimensi

Daya listrik serta dimensi juga harus menjadi hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih atau menentukan switch yang akan digunakan. Karena ukuran dimensinya sendiri sangat beragam dan kamu tidak boleh salah menentukan pilihan.

Kemudian daya listrik juga sangat beragam peruntukannya, sehingga harus dilakukan dengan tepat. Karena daya listrik saat switch tersebut terpasang juga menjadi penentu penting untuk dilakukan.

Definisi Komponen Switch Pada Komputer

Perlu kamu ketahui, switch merupakan komponen jaringan komputer, serta koneksi HUB untuk membuat jaringan komputer dengan jumlah yang lebih banyak. Selain itu, switch membutuhkan bandwidth untuk menjalankan fungsinya.

Switch bekerja lebih efisien, dan langsung ke fungsi sebenarnya dan juga berlaku untuk pertukaran, pemrosesan, dan pengiriman data. Juga dapat mendeteksi ke mana arah data tersebut serta mencegah tabrakan selama transfer data.

Cara kerja Switch sangat mirip dengan HUB namun switch lebih efektif daripada HUB. Switch menerima data dari perangkat lain selama perangkat sudah terhubung. Setelah itu, akan mengenali dan mencocokkan alamat MAC perangkat yang dituju.

Switch akan bekerja pada koneksi ke jenis port lain yang sudah terhubung ke perangkat yang kamu gunakan. Switch dibagi menjadi dua kategori menurut kegunaan atau fungsinya masing-masing, yakni switch layer 2 dan switch layer 3.

Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Switch
Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Switch

Switch layer 2 beroperasi pada jalur tipe koneksi terbuka. Switch jenis ini dapat mengirim paket data dengan mendeteksi MAC ke alamat tujuan. Juga dapat melakukan fungsi jembatan atau bridge yang terhubung ke bagian LAN.

Baca Juga :  Macam Macam Versi Windows 7 dan Perbedaannya

Ini karena pengiriman paket data ke tujuan tidak tahu protokol mana yang akan digunakan. Juga dapat dipasang secara visual di jaringan. Perangkat jaringan tidak dapat mengganggu komunikasi antara router dan penerima. Dengan hanya satu instalasi, switch ini akan dapat mengidentifikasi siapa yang memiliki host yang saat ini terhubung dari bagian alamat.

Sementara switch Layer 3 dapat ditemukan di lapisan jaringan untuk konektivitas sistem terbuka. Switch ini dapat digunakan untuk memproses paket data menggunakan alamat IP perangkat lain. Kemudian bekerja dengan alat transmisi cepat mencakup pelacakan proses, pengurangan TTL, dan pemeriksaan ulang.

Fungsi Utama Switch

Fungsi utama dari switch adalah sebagai konektor yang dapat menerima dan berbagi data antara beberapa perangkat komputer. Selain itu, ada beberapa fungsi lainnya sebagai berikut.

  • Looping Avoidance

Ini adalah data yang terjadi hanya pada port switch dan dapat digunakan untuk melindungi loop saat menerima data dari objek anonim.

  • Meneruskan Data Frame

Switch juga dapat digunakan untuk memfilter dan mengirim paket data frame ke alamat yang dituju. Selain alamat penerusan, juga dikirim ke alamat MAC dan port tertentu.

  • Address Learning

Alamat switch mengacu pada MAC antara perangkat jaringan yang terhubung. Ketika Switch menerima data, akan merekam alamat MAC pengirim dan mencari tahu bagaimana data harus dikirim.

Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Switch
Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Switch

Kesimpulan

Setelah kamu menyimak semua penjelasan yang ada di atas tentang switch, kami yakin selanjutnya kamu sudah mengerti. Bahkan kamu sudah bisa menentukan apa yang harus dipertimbangkan dalam memilih switch tersebut.

 

Baca Juga: