Downlod Gratis File Silabus dan RPP Kelas 3 SD Tema 1 Semester 1
Silabus dan RPP Kelas 3 SD Tema 1 Semester 1 memiliki tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup dan terdiri dari empat subtema. Empat subtema tersebut terdiri dari subtema 1 ciri-ciri makhluk hidup, subtema 2 pertumbuhan dan perkembangan manusia, subtema 3 pertumbuhan hewan, dan subtema 4 pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
Perbedaan Silabus dan RPP
Silabus dan RPP lazimnya menjadi satu. Padahal, silabus dan RPP berbeda. Untuk mengetahui perbedaan keduanya maka Anda perlu mengetahui pengertian keduanya.
1. Pengertian Silabus
Silabus berisi materi suatu pelajaran yang akan disampaikan kepada siswa. Silabus terdiri dari standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator.
2. Pengertian RPP
RPP (rencana penerapan pembelajaran) adalah serangkaian acuan bagaimana sebaiknya pembelajaran dilaksanakan, berapa lama/waktu yang diperlukan agar murid memahami suatu standar kompetensi, dan sumber serta media apa saja yang dapat digunakan.
Dari pengertian keduanya dapat disimpulkan bahwa perbedaan silabus dengan RPP adalah silabus berisi materi-materi yang akan diajarkan kepada siswa, sedangkan RPP adalah bagaimana sistem pembelajaran akan dilaksanakan.
Istilah-Istilah dalam Silabus dan RPP
Di dalam silabus dan RPP, terdapat kurang-lebih 8 istilah. Namun istilah-istilah yang akan sering muncul, termasuk pada silabus dan RPP kelas 3 SD tema 1 semester 1 adalah kompetensi dasar, indikator, materi pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.
1. Standar Kompetensi
Standar kompetensi adalah materi pembelajaran yang harus dipahami dan dikuasai oleh para siswa.
2. Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar adalah sikap, pengetahuan, dan keterampilan minimal para siswa yang menunjukkan/menandai bahwa siswa tersebut sudah menguasai standar kompetensi.
3. Indikator
Indikator hampir sama dengan kompetensi dasar, yaitu indikasi-indikasi atau ciri-ciri sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa yang menunjukkan bahwa ia telah menguasai standar kompetensi. Biasanya indikator lebih spesifik dibandingkan kompetensi dasar
4. Materi Pembelajaran/Materi Pokok
Materi pembelajaran atau materi pokok adalah materi-materi yang harus dipelajari oleh para siswa agar mereka mencapai standar kompetensi. Materi pokok disajikan melalui butir-butir secara singkat dan jelas.
5. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran adalah bagaimana pembelajaran diterapkan apakah dengan membaca, menulis, belajar kelompok, belajar secara individu, dan sebagainya. Kegiatan pembelajaran di lapangan tidak harus sama persis dengan acuan yang terdapat pada silabus dan RPP. Guru dapat mengubahnya dengan kegiatan lain maupun memilih salah satu yang paling mungkin/sesuai untuk diterapkan.
Kegiatan pembelajaran dapat dilakukan di dalam maupun luar ruang kelas karena pada RPP dan silabus tidak terdapat aturan apakah pembelajaran harus dilaksanakan di dalam ruang kelas atau tidak.
6. Alokasi Waktu
Alokasi waktu adalah berapa lama suatu kompetensi dasar diterapkan. Waktu yang tertera pada RPP dan silabus adalah berdasarkan jam pelajaran, bukan jam yang sebenarnya.
Bila tertulis 1 jam pelajaran berarti sekitar 35-45 menit (tergantung kebijakan yang berlaku). Bukan 60 menit.
7. Penilaian
Penilaian adalah aspek-aspek apa saja yang harus dinilai dari kegiatan pembelajaran dan tugas yang telah dikerjakan oleh para siswa, untuk memastikan apakah siswa telah menguasai standar kompetensi atau belum.
8. Sumber Belajar
Sumber belajar adalah media-media atau sarana pembelajaran seperti buku ajar, video, koran, majalah, dan sebagainya. Sumber aja dapat disesuaikan dengan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh guru dan sekolah.
Download Silabus dan RPP Kelas 3 SD Tema 1 Semester 1 File Words
Silabus dan RPP untuk kelas 3 SD berikut mencakup mata pelajaran PKN, Bahasa Indonesia, Matematika, Olahraga, dan Seni Budaya dan Prakarya. File silabus dan RPP dapat Anda unduh dengan klik link di bawah:
Silabus dan RPP Kelas 3 SD Tema 1 Semester 1 (Download)
Para guru sebaiknya mempelajari materi-materi pada silabus dan RPP tersebut minimal satu bulan sebelum pembelajaran dimulai. Mengapa? Karena dengan mempelajarinya jauh sebelum pembelajaran dapat memaksimalkan pemahaman sehingga penyampaian materi dapat maksimal.