Perbedaan HDD dan SSD

Posted on

Ada beberapa perbedaan HDD dan SSD yang perlu kamu ketahui untuk menambah pengetahuan kamu mengenai masalah terkait. Hal ini, agar kamu tidak salah saat ingin membedakan antara kedua perangkat penyimpanan elektronik tersebut.

Karena seperti yang juga kamu ketahui bahwa perangkat penyimpanan juga tak kalah penting untuk diperhitungkan saat membeli komputer atau ponsel. Penyimpanan yang akan kita bahas kali ini, adalah dua jenis perangkat eksternal yang memang sudah sangat dikenal pengguna.

Kedua perangkat atau media penyimpanan ini memang bisa membantu kamu untuk menyimpan berbagai file atau data penting dalam perangkat. Tentu saja ini akan berguna agar ponsel atau komputer yang kamu miliki tidak mengalami over kapasitas yang bisa berakibat fatal.

Untuk lebih memahami perbedaan HDD dan SSD lebih dalam, kamu bisa menyimak ulasan dibawah ini:

Apa itu Perbedaan HDD dan SSD?

apa itu perbedaan HDD dan SSD
apa itu perbedaan HDD dan SSD

Perbedaan HDD dan SSD adalah berbagai ciri fisik dan fungsi yang bisa kamu lihat secara jelas untuk mengenali masing-masing media penyimpanan tersebut. Hal ini dapat kamu lakukan dengan mudah apabila sudah memahaminya mulai dari bentuk serta komponen yang terdapat didalamnya.

Meskipun ini tidak sulit untuk dilakukan, namun masih ada saja pengguna yang belum mengetahuinya secara pasti akan perbedaan yang ada. Bahkan tidak sedikit juga pengguna yang salah dalam menentukan ingin menggunakan perangkat penyimpanannya.

Seperti yang sudah kami jelaskan pada paragraf atas tadi bahwa artikel kali ini akan merujuk pada permasalahan terkait. Kamu bisa mempelajari apa saja perbedaan yang terdapat pada dua komponen HDD serta SSD dengan mudah.

Baca Juga :  Cara Menginstall Windows 7 Menggunakan Flashdisk

Namun sebelum kamu mengetahui apa saja perbedaan antara dua media penyimpanan ini, ada baiknya kamu pahami dulu masing-masing pengertiannya. Seperti pada penjelasan yang ada berikut ini:

Pengertian Media Penyimpanan SSD

Solid State Drive atau merupakan kepanjangan dari singkatan SDD, adalah komponen yang dibuat guna menyimpan berbagai data dengan rangkaian IC. Biasanya media penyimpanan semacam ini terdapat pada berbagai perangkat elektronik seperti ponsel pintar atau bahkan perangkat berbasis komputer.

Komponen SSD ini sudah dilengkapi dengan bagian lain seperti sebuah chip sebagai media yang mampu menyimpan, membuat, atau membaca data. Chip tersebut berada didalam SSD dengan cara ditanam dan menjadi komponen tersendiri.

Media penyimpanan SSD ini memang jauh lebih mumpuni apabila kamu bandingkan dengan media penyimpanan seperti USB Drive. Selain itu cara kerja media penyimpanan ini memang lebih cepat karena komponennya tidak bergerak, dan mampu meminimalisir kerusakan.

Jika kamu sudah mengenal komponen penyimpanan yang satu ini, maka kamu bisa memilihnya sebagai alternatif yang bagus. Karena selain bagus, media penyimpanan ini juga tidak mudah rusak dan lebih baik daripada menggunakan USB.

Pengertian Media Penyimpanan HDD

pengertian HDD
pengertian HDD

Setelah kamu mengetahui secara keseluruhan mengenai SD dan apa fungsinya seperti yang ada pada penjelasan diatas tadi. Maka selanjutnya kamu juga harus mengetahui apa pengertian dari komponen atau media penyimpanan HDD.

HDD atau kepanjangannya adalah Hardisk adalah sebuah perangkat keras atau hardware yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai data. Biasanya perangkat ini dipasang sebagai komponen dari Komputer, PC, atau bahkan Laptop. Kamu perlu tahu bahwa Drive (C,D, dan E) adalah serangkaian media penyimpanan dari bentuk HDD ini.

Ciri fisik perangkat ini memang masih tergantung pada beberapa faktor penentunya seperti besaran ruang simpan, transfer speed, serta jumlah memorinya. Tentu saja beberapa faktor tersebut akan berpengaruh langsung guna menyimpan berbagai data di dalamnya.

Selanjutnya, setelah mengerti apa ciri dan fungsi antara HDD dan SSD, berikutnya kamu bisa menyimak apa saja perbedaannya berikut:

Baca Juga :  Sedekah CF

Beberapa Perbedaan HDD dan SSD Secara Signifikan

Setidaknya ada 7 macam perbedaan HDD dan SSD yang bisa dilihat secara jelas dan mudah untuk dipahami oleh pengguna. Hal ini perlu kamu ketahui seperti penjelasan yang disajikan di bawah ini:

  1.   Kemampuan Menulis dan Membaca Data

Pertama bisa kamu lihat secara jelas dari kedua komponen HDD dan SSD ini adalah kemampuan untuk menulis dan membaca data. Jika dilihat dari fungsi dan kinerjanya, maka komponen SSD memang lebih unggul jika dibandingkan dengan HDD.

Hal ini bisa dibuktikan secara langsung oleh pengguna dan memang SSD mempunyai kecepatan 8X lebih cepat apabila dibandingkan dengan HDD. Selain itu, komponen SSD mampu membuat pemrosesan berbagai data menjadi lebih ringkas dan simple.

  1.   Berat Kedua Komponen

berat kedua komponen
berat kedua komponen

Selanjutnya kamu juga bisa membedakan antara HDD dan SSD dari berat yang dimiliki oleh masing-masing komponen tersebut. Biasanya perangkat HDD memang lebih besar dan berat jika dibandingkan dengan SSD yang lebih kecil dan ringan.

Umumnya ukuran dari sebuah komponen SSD hanya 2,4 inch sampai 2,5 inch saja dan perangkat ini memang tidak bergerak alis tertanam. Jadi SSD memang lebih ringan dan ukurannya kecil serta bisa dipasang dalam perangkat seperti Laptop.

  1.   Bagian Dalam

Kemudian dilihat dari bagian dalam kedua komponen SSD dan HDD juga memang tidak sama secara keseluruhan. Karena HDD merupakan sebuah perangkat penyimpanan yang terdiri dari motor, lengan, serta piringan yang terhubung langsung.

Sedangkan perangkat SSD memang tidak mempunyai tiga komponen yang ada pada perangkat HDD tadi. SSD hanya terdiri dari bagian chip, IC atau Integrated Circuit, serta kapasitor yang berguna untuk menyimpan berbagai data dalam komputer.

  1.   Perbedaan Cara kerja

Selanjutnya kamu juga bisa membedakan antara HDD dan SSD dengan melihat cara kerjanya masing-masing komponen tersebut. Jika pada HDD mengandalkan gabungan elektrik dan mekanik, maka SSD bekerja dengan menggunakan elektrik saja untuk membaca atau menulis data.

Baca Juga :  Kode Bio FF Warna-Warni

Perbedaan HDD dan SSD Lainnya Secara Jelas

Sebagai pengguna kamu juga bisa memahami apa perbedaan HDD dan SSD lainnya selain 4 macam yang dijelaskan diatas tadi. Perbedaan yang lain tersebut adalah:

  • Perbedaan Fragmentasi

Sebagai perbedaan lain yang pertama antara komponen HDD dan SSD adalah dari fragmentasinya sebagai pemencaran data. Karena komponen HDD menggunakan fragmentasi yang memungkinkan mengubah susunan data dari awal disimpan. Hal ini kemudian bisa menyebabkan kinerja dari HDD atau Hardisk menjadi lambat.

Berbeda dengan komponen SSD yang memang tidak menggunakan fragmentasi atau mengalaminya dalam menyimpan data. Hal ini dikarenakan SSD sudah mempunyai komponen chip flash yang tidak akan merubah susunan data dari awal disimpan.

  • Perbedaan Harga

Berikutnya, ada perbedaan harga dari kedua komponen HDD dan SSD ini yang bisa dilihat secara signifikan oleh penggunanya. Karena memang harga dari komponen SSD lebih mahal dan bisa mencapai angka 5 juta. Sementara pada komponen HDD akan berada di bawahnya atau bisa dikatakan lebih murah dibanding SSD.

  • Efek Penggunaan

efek penggunaan
efek penggunaan

Terakhir, ada perbedaan antara HDD dan SSD yang bisa kamu lihat dengan mudah, yakni dari efek pemakaiannya. Karena jika kamu menggunakan HDD sebagai media penyimpanan maka akan bersuara saat diaktifkan.

Berbeda sekali jika kamu menggunakan perangkat SSD yang memungkinkan kamu menyimpan data dan tidak menimbulkan suara. Selain itu saat digunakan SSD memang tidak mudah panas dibanding dengan menggunakan HDD.

Kesimpulan

Kamu sudah mengetahui apa saja perbedaan HDD dan SSD setelah menyimak penjelasan yang ada di laman atas. Dengan begitu kamu sudah bisa menentukan ingin menggunakan media penyimpanan yang mana untuk komputer kamu.

 

Baca Juga: