Pengertian Humas : Tujuan, Jenis, Dan Tugas Pokok Humas

Posted on

Pengertian Humas : Tujuan, Jenis, Dan Tugas Pokok Humas

Humas Adalah – Pada umumnya humas adalah bagian dari organisasi. Yang fungsinya adalah untuk melakukan interaksi, hubungan, dan kerjasama dengan masyarakat yang berhubungan dengan organisasi tersebut.

Humas adalah singkatan dari Hubungan Masyarakat. Atau dalam bahasa inggris disebut Public Relation. Yang tugasnya adalah bertanggung jawab dalam membangun dan mempertahankan sebuah reputasi, citra, dan komunikasi yang baik. Serta bermanfaat diantara organisasi dengan publik.

Di dalam dunia bisnis fungsi dari humas ini kerap dihubungkan dengan marketing, padahal sebenarnya berbeda. Sebagai sebuah profesi bidang humas ini akan membantu mendidik, memberi informasi, membangkitkan ketertarikan pada masyarakat, dan merencanakan sebuah strategi untuk mendapatkan simpati sampai membuat masyarakat mengerti di sebuah situasi tertentu.

Seperti pada saat perusahaan terkena kasus yang dapat mengancam citra baik perusahaan, pihak humas akan memberi edukasi dan upaya pada setiap khalayak. Agar tidak ada citra buruj pada perusahaan tersebut.

Bidang ini akan menyusun segala strategi agar mendapat simpati dan agar brand yang dibangun dengan susah payah itu, tidak berakhir begitu saja. Maka dari itu pihak humas akan berhubungan dengan pers, dan tidak terlepas dari ilmu komunikasi.

Pengertian Humas Menurut Para Ahli

  1. Pengertian humas menurut J.C Seidel adalah proses yang berkesinambungan dari beberapa usaha manajemen, supaya bisa mendapat itikad yang baik dan pengertian dari para pelanggan, karyawan, dan juga publik pada umumnya.
  2. Pengertian humas menurut Howard Boham adalah sebuah seni untuk menciptakan pengertian publik yang lebih baik. Dengan tujuan untuk meningkatkan kepercayaan publik dan permberdayaan yang lebih tinggi, pada sebuah lembaga atau organisasi.
  3. Pengertian humas menurut Cultip, Center, & Broom adalah sebuah fungsi manajemen yang memiliki tujuan untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat. Diantara sebuah organisasi dan publik yang dapat memberi dampak positif pada setiap keberhasilan atau kegagalan di sebuah organisasi.
  4. Pengertian humas menurut Scott M. Cutlip & Allen H. Center adalah sebuah fungsi manajemen yang tugasnya untuk memberi penilaian pada sikap publik, mengidentifikasikan sebuah kebijakan dan tata cara organisasi atau perorangan dalam melayani kepentingan publik, membuat suatu rencana dan melakukan sebuah program untuk mendapat pemahaman dan dukungan dari masyarakat.
  5. Pengertian humas menurut International Public Relations Association (IPRA) adalah sebuah fungsi manajemen yang sudah terencana, dan juga berkelanjutan di dalam organisasi induk atau lembaga swasta yang tujuannya adalah untuk mendapatkan simpati, pengertian dan dukungan dari pihak-pihak terkait.
Baca Juga :  15 Pengertian Keluarga Menurut Para Ahli Lengkap

Bila disederhanakan lagi humas merupakan manajemen yang membantu dalam mencapai tujuan dari organisasi, dan memfasilitasi perubahan organisasional dan mendefinisikan filosofi.

Fungsi Humas Di Dalam Sebuah Organisasi

Beberapa fungsi humas menurut Edward L. Bernays adalah :

  1. Untuk memberi pemahaman kepada publik.
  2. Untuk melakukan persuasi kepada masyarakat yang tujuannya adalah untuk mengubah sikap dan juga tingkah laku.
  3. Untuk berupaya dalam menyatukan sikap dan perilaku pada publik, agar sesuai dengan sikap dan perbuatan pada sebuah lembaga atau sebaliknya.

Tujuan Humas Di Dalam Organisasi

  1. Untuk meningkatkan dukungan, bantuan, dan juga partisipasi dari publik dalam bentuk sarana, prasarana, tenaga, dan dana, untuk memudahkan pencapaian tujuan organisasi.
  2. Untuk menciptakan rasa tanggung jawab dari masyarakat akan kelangsungan pada program organisasi dengan cara efektif dan efisien.
  3. Untuk melibatkan publik dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh sebuah organisasi.
  4. Untuk membuat dan mengembangkan citra yang baik untuk organisasi, dan kepada para pimpinan denggan sasaran terjalinnya hubungan yang baik. Antara publik internal dan eksternal.
  5. Untuk memperluas jangkauan para pelanggan yang terkait untuk berpartisipasi di dalam upaya peningkatan mutu suatu organisasi.

Manfaat Humas Bagi Sebuah Organisasi

1. Sebagai manajemen krisis

Setiap organisasi pasti pernah mengalami masa-masa krisis, sehingga dibutuhkan adanya sebuah persiapan untuk menghadapinya. Divisi humas ini akan bermanfaat sebagai tim dalam manajemen krisis, di dalam organisasi yang berkaitan dengan masyarakat.

2. Penerbitan dekstop

Manfaat humas sebagai penerbitan dekstop menjadi sangat penting di sebuah organsasi. Apalagi organisasi zaman sekarang lebih memerlukan operator komputer, yang berdedikasi. Dibandingkan editing secara konvensional.

3. Sebagai identitas dari sebuah perusahaan

Staf humas memiliki tugas yaitu menciptakan identitas sebuah perusahaan. Tugas ini sangat penting karena menyangkut seluruh aspek di dalam organisasi secara keseluruhan. Dan menjadi bagian yang penting dari seluruh jenis komunikasi di dalam suatu organisasi.

Baca Juga :  Seni Rupa : Pengertian, Unsur, Fungsi Dan Jenisnya Lengkap

4. Hubungan dengan parlemen

Beberapa organisasi akan memerlukan humas yang berhubungan dengan pemerintah, parlemen, birokrat, di sebuah instansi pemerintah.

5. Public relation finansial

Sebuah organisasi juga akan membutuhkan konsultan humas, yang khusus dalam beraktivitas di bidang keuangan dan operasional bisnis di sebuah perusahaan. Aktivitas ini dilakukan untuk mendukung rencana perusahaan klien, supaya ikut serta di bursa saham. Atau dalam memberi dukungan pada saat membuat laporan keuangan tahunan.

Tugas Pokok Humas

1. Untuk menciptakan suatu kesan atau image

Kesan yang diperoleh dari seseorang pada seseorang, produk, ataupun situasi yang sesuai dengan tingkat pengetahuan orang itu sendiri.

2. Sebagai pengetahuan dan pengertian

Humas juga memiliki peran dalam memberi informasi kepada publik internal dan eksternal, dengan menyediakan sebuah informasi yang akurat dan di dalam format yang mudah dimengerti.

3. Untuk mencipkatan ketertarikan

Humas juga harus mampu menciptakan sebuah ketertarikan publik pada suatu situasi tertentu, yang dampaknya besar pada sebuah organisasi.

4. Sebagai penerimaan

Humas memiliki tanggung jawab dalam memberi penjelasan kepada publik atas sebuah kejadian, dengan demikian sikap yang menentang, atau ketidakpedulian yang ada di sekitarnya berubah menjadi pengertian dan penerimaan.

5. Adanya simpati

Humas harus dapat menyampaikan informasi dengan jelas kepada publik untuk mendapatkan simpati.

Beberapa Kegiatan Dalam Humas

Kegiatan humas tidak berarti harus digelar dengan konferensi pers atau untuk mengundang wartawan. Hanya demi menciptakan citra yang baik. Tapi humas juga dituntut untuk membuat simbol komunikasi baik verbal maupun non verbal.

Contoh kegiatan verbal misalnya menulis artikel, proposal, presentasi, press release, membuat progress report dan sebagainya. Sedangkan untuk komunikasi verbal biasanya berupa open house, presenter, desk information, announcer dan lain sebagainya.

Berikut penjelasan lengkapnya :

Customer relations

Divisi humas akan menciptakan sebuah hubungan yang baik dengan pihak yang ada di luar perusahaan, misalnya dengan konsumen.

Employee relations

Tak hanya di luar perusahaan saja, tetapi humas juga wajib membangun komunikasi diantara pimpinan dengan bawahan.

Community relations

Community relations memiliki tujuan untuk menciptakan hubungan yang baik diantara perusahaan, dengan pihak yang terkait misalnya partner dan komunitas tertentu.

Government relations

Dapat menciptakan hubungan yang baik diantara organisasi dengan pemerintah.

Media relations

Media juga memiliki peran penting dan harus dijembatani oleh humas di perusahaan karena kebanyakan sumber citra perusahaan yang bersumber di sana.

Peranan Humas Di Dalam Perusahaan

Expert Pereciber Communication

PR biasanya dianggap sebagai expert yang akan memberikan masukan untuk perusahaan. Hal ini berkaitan dengan pengertian dari humas itu sendiri. Yang memiliki peran dalam menjembatani informasi diantara perusahaan dengan konsumen.

Baca Juga :  10 Perilaku Dan Ciri-Ciri Orang Cerdas "Yang Belum Anda Tahu"

Facilitator

Humas atau PR berfungsi dalam setiap manajemen. Mereka memiliki peran sebagai fasilitator dan harus selalu ada saat kritis perusahaan muncul. Bahkan di dalam devisi humas akan menjadi leader pada setiap permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan, yang ada di lingkungan masyarakat.

Communication fasilitator

Humas akan menjadi fasilitator atau jembatan komunikasi, diantara konsumen, masyarakat dan juga perusahaan. Sehingga mereka juga menjadi penengah sekaligus.

Technisian communication

Petugas humas merupakan pelaksana teknis komunikasi, yang bertugas sebagai penyedia layanan. Ada beberapa cara yang dilakukan oleh humas dalam menciptakan opini publik. Diantaranya yaitu :

  • Tekanan. Akan memberikan pengaruh yang baik pada individu karena memiliki kewibawaan.
  • Membeli. Kegiatan ini sama dengan membeli amplop atau suara opini publik. Hal ini diperlukan pada rapat pemegang saham perusahaan, untuk menjaga citra perusahaan tersebut.
  • Bujukan. Tindakan persuasive merupakan hal yang paling tepat untuk membentuk sebuah opini publik.

Contoh Humas Di Dalam Sebuah Organisasi

Humas media cetak

Divisi humas biasanya berbeda dengan divisi pemasaran, tetapi seringkali humas tersebut melakukan kegiatan promosi jika ada perubahan di dalam suatu perusahaan. Atau saat adanya peluncuran layanan atau produk yang baru.

Tugas humas ini adalah untuk berkomunikasi dengan lebih intens dengan media cetak. Humas media cetak disusun sedemikian rupa, dan dilaksanakan dengan melakukan press release ke berbagai media cetak.

Humas media audio visual

Hampir sama dengan humas media cetak. Tetapi bentuk informasinya disampaikan ke publik yang terkait. Melalui televisi atau melalui radio.

Humas media online

Penyebaran informasi dalam bentuk teks dan video juga bisa dilakukan dengan cara online. Biasanya dilakukan dengan cara membuat konten, yang isinya adalah kata kunci tertentu tentang sebuah produk, lalu mempublish konten tersebut ke blog atau website.

Dengan suatu upaya tertentu konten itu akan tampil di mesin pencari, dengan begitu akan lebih banyak orang yang mengetahui perusahaan serta produk yang dihasilkan.

Demikian penjelasan lengkap mengenai humas, dengan fungsi, tugas dan peranannya. Semoga memberi manfaat.

Baca Juga :