Ekskresi, Sekresi dan Defekasi : Pengertian serta Perbedaannya Lengkap

Posted on

Pengertian Perbedaan Antara Ekskresi, Sekresi dan Defekasi

Dalam diskusi ini kita akan membahas persamaan dan perbedaan antara ekskresi, sekresi dan defekasi, sistem ekskresi pada manusia dan hewan, alat ekskresi pada manusia dan hewan, kelainan dan gangguan pada sistem ekskresi manusia, proses pembentukan urin pada manusia.

Ekskresi adalah salah satu proses mengeluarkan zat dari tubuh. Selain ekskresi ada juga proses sekresi dan defekasi. Apa perbedaan antara ketiganya?

Ekskresi

Ekskresi adalah proses mentransaksikan metabolisme. Zat-zat ini diserap dan diangkut oleh darah dan dilepaskan dengan urin, keringat dan pernapasan.

Sekresi

Sekresi menjadi proses yang dikeluarkan oleh tubuh. Zat yang dihasilkan adalah enzim dan hormon.

Defekasi

Defekasi adalah proses menghilangkan sisa-sisa atau zat yang tidak mengganggu pencernaan. Substansi tersebut berupa kotoran yang dikeluarkan melalui anus.

Sistem ekskresi pada manusia yang melibatkan alat ekskresi, yaitu ginjal, kulit, paru-paru, dan hati. Zat-zat sisa yang dilepaskan dari alat-alat ini berasal dari proses metabolisme.

Urin mengeluarkan air kencing, kulit berkeringat, paru-paru mengeluarkan karbon dioksida, dan hati mengeluarkan zat warna empedu.

Selain itu sebagai alat bantu pernapasan, paru-paru juga berfungsi sebagai alat ekskresi. Substansi yang tersisa yang dilepaskan oleh paru-paru adalah karbon dioksida dan uap air.

Demikianlah ulasan tentang Pengertian dan Perbedaan Antara Ekskresi, Sekresi dan Defekasi ini. Semoga dengan adanya ulasan ini bisa menambah wawasan Anda dan terima kasih sudah membaca ulasan ini semoga bisa bermanfaat.

Baca Juga :  Struktur Pembelahan Sel (Amitosis, Mitosis, Meiosis) : Pengertian, Ciri, Tujuan dan Tahapnya