Pengertian dan Jenis Jenis Printer

Posted on

Dalam kehidupan sehari-hari, bisa saja kamu pernah atau bahkan sering menggunakan printer guna mencetak berbagai dokumen atau data penting. Namun apakah secara keseluruhan kamu sudah memahami apa pengertian dan jenis-jenis printer tersebut?

Hal ini perlu kamu pelajari sebagai penambah wawasan kamu mengenai hal terkait agar kedepannya kamu lebih mengerti dan memahaminya. Selain itu, kamu juga kelak bisa menyesuaikan untuk penggunaan printer tersebut sesuai peruntukan pencetakannya.

Pengertian dan Jenis-Jenis Printer
Pengertian dan Jenis-Jenis Printer

Justru kali ini kami akan mencoba untuk mengupas semua tentang pengertian dan jenis-jenis printer untuk kamu semua sebagai pengguna. Agar kamu tidak semakin penasaran, maka silahkan langsung saja simak ulasannya secara lengkap berikut ini.

Apa itu Printer?

Printer merupakan sebuah perangkat yang mampu mencetak berbagai data baik tulisan atau gambar menggunakan kertas yang disesuaikan. Umumnya printer ini dipasangkan dengan perangkat komputer sebagai salah satu komponen untuk mencetak dengan cepat.

Sementara secara terpisah, printer memang memiliki beberapa bagian atau komponen tersendiri untuk mendukung kinerjanya sebagai mesin cetak. Beberapa komponen tersebut seperti pengambil kertas atau picker, baki kertas atau tray, toner atau tinta printer dan lain-lain.

apa itu printer

Dalam perinter ini juga dilengkapi dengan komponen digital berbasis elektronik yang memungkinkan penggunanya untuk memberikan perintah melalui komputer. Artinya, printer umumnya akan berfungsi sebagai mesin cetak setelah terkoneksi dengan perangkat komputer sebagai otaknya.

Printer sendiri sebenarnya diciptakan dengan berbagai jenis sesuai dengan fungsi dan kegunaannya untuk mencetak pada media yang sesuai. Karena printer tidak hanya dibuat untuk mencetak pada media kertas saja, printer juga bisa digunakan pada media kain dan lainnya.

Alat ini juga membutuhkan daya listrik untuk menghidupkannya sehingga dapat dipakai sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Selain itu terdapat juga kabel USB yang terhubung pada komputer sebagai media penyampai perintah dari komputer tersebut.

Baca Juga :  Cara Sharing Printer di Windows 7 Pakai Jaringan LAN WiFi

Jenis printer sendiri ada banyak sekali dengan berbagai pabrikan yang mengedepankan keunggulannya masing-masing. Termasuk harga pada printer ini yang juga sangat beragam mulai dari yang paling murah hingga mahal dapat dengan mudah ditemui.

Umumnya alat ini digunakan dalam skala besar seperti pada perkantoran, percetakan, konveksi, dan lainnya. Tetapi tidak sedikit juga printer digunakan dalam skala kecil atau pribadi untuk rumahan sebagai pendukung cetak dari komputer yang dimiliki

Artinya, kegunaan dari printer ini ada beragam tergantung dengan kebutuhan pengguna masing-masing yang memakainya untuk apa. Yang jelas, printer merupakan salah satu mesin cetak cepat yang bisa dengan mudah digunakan setelah terkoneksi pada komputer.

Printer juga memang sudah sejak lama diproduksi dengan fungsi yang kompeten yakni untuk mencetak berbagai file. Kamu bisa menyimak ulasan lengkapnya berikut ini:

Sejarah Printer

sejarah printer

Kami merangkum dari berbagai sumber yang menyatakan bahwa printer pertama kali dibuat desainnya pada abad ke 19. Sementara printer yang berbentuk elektronik, pertama kali dibesut oleh “Epson” perusahaan Jepang dengan tipe EP-101 di 1968.

Pertama kali diluncurkan, printer hanya menggunakan sistem mesin tik berbasis elektrik yang dipakai dengan cara manual. Kemudian atas permintaan pasar, maka printer terus berkembang menjadi sebuah mesin cetak berbasis komputer dengan fungsionalitas tinggi.

Kemudian munculnya sistem seperti line printer, dot matrix, dan daisy wheel pada tahun 1980 dengan fungsinya masing-masing. Pada tahun 1984, printer laser murah mulai muncul, dengan munculnya HP LaserJet.

Tahun berikutnya, penambahan PostScript ke Apple LaserWriter menyebabkan transformasi dunia pencetakan yang dikenal sebagai pencetakan elektronik. Printer Laser PostScript dapat menggabungkan teks dan gambar sebagai titik matriks, tetapi jauh lebih baik.

Sejak 1990, sejumlah mesin cetak telah dikembangkan di komputer dengan bantuan mesin cetak laser, yang membuat mesin cetak mahal ketinggalan. pada 1988, HP Deskjet menawarkan jenis sama dengan printer dengan biaya murah.

Baca Juga :  Instal Remix OS

Tetapi dengan antarmuka yang sedikit lebih rendah daripada printer laser. Sistem Inkjet ini telah berhasil mengubah matriks dan daisy wheel di pasaran. Bahkan sejak abad ke-21, banyak printer profil tinggi telah menggunakan sistem ini, sehingga sistem ini menjadi sangat umum.

Pada pertengahan 2010, pencetakan 3D telah menjadi topik hangat. Mesin cetak atau printer 3D yang digunakan masih dalam tahap produksi. Sementara itu, pesatnya pertumbuhan email dan internet membuat printer cenderung tidak tersedia saat ini.

Berbagai jenis dokumen penting  kini tidak perlu lagi dicetak, melainkan dicetak dalam format pdf dan sebagainya agar mudah digunakan. Juga, karena menjamurnya perusahaan percetakan, printer tidak lagi wajib dimiliki.

Namun tidak ada salahnya jika kamu masih memiliki printer dirumah untuk sewaktu-waktu digunakan.  Kami juga akan menyediakan artikel tentang pengertian dan jenis-jenis printer kali ini secara lengkap.

Kegunaan Printer

kegunaan printer

Kegunaan atau fungsi dari mesin printe ini yang paling utama adalah mencetak data dalam bentuk dokumen kertas menggunakan komputer langsung. Namun tidak hanya menggunakan media kertas saja, mesin printer beragam kegunaannya tergantung kebutuhan si pencetak.

Tapi yang paling umum menggunakan printer adalah dokumen kertas dalam bentuk arsip dan sebagainya dengan berbagai format. Terutama pengguna banyak menggunakan format MS Office seperti Excel, Word, Notepad, dan Power Point.

Kemudian ada juga yang mencetak menggunakan printer dalam bentuk gambar dan umumnya printer semacam ini digunakan pada perkantoran dan percetakan. Tetapi yang membedakan pencetakan semacam ini adalah media yang digunakan serta formatnya.

Jika mencetak teks biasa cukup menggunakan kertas sesuai dengan ukurannya masing-masing yang dibutuhkan si pencetak. Berbeda dengan mencetak gambar yang memang menggunakan kertas khusus dan ini tidak sama dengan mencetak teks.

Kemudian umumnya jika khusus mencetak gambar, maka produsen memang membutuhkan jenis printer khusus yang mempunyai kualitas bagus. Hal ini ditujukan agar kelak hasil pencetakannya menjadi bagus dan pastinya gambar akan terlihat dengan jelas.

Printer juga sudah semakin berkembang seiring berjalannya waktu dengan fungsi yang berbeda-beda sesuai kebutuhan pengguna. Hal ini menyebabkan printer bisa mencetak berbagai hal dan media yang dipakai hanya dengan menyesuaikan jenisnya saja.

Baca Juga :  Tutorial Cara Menginstall Windows 8

Karena untuk mencetak pada media yang berbeda, kita tidak boleh menggunakan jenis printer yang sama atau satu printer saja. Sudah dijelaskan diatas, bahwa mencetak jenis teks pada kertas, akan berbeda dengan mencetak pada media kain atau kertas yang lebih tebal.

Kemudian saat ini sudah banyak pengguna yang menambahkan fitur scan pada printer yang memungkinkan kamu untuk membaca dokumen. Menarinya lagi kamu bisa membuat dokumen ini menjadi bentuk digital hanya dengan menggunakan printer.

Selanjutnya pelajari pengertian dan jenis-jenis printer dengan menyelesaikan bacaan kamu dibawah ini:

Pengertian dan Jenis-Jenis Printer

Setelah menyimak tentang pengertian printer yang sudah kami bagikan di halaman atas, maka selanjutnya simak tentang jenis-jenis printer dibawah ini:

A. Jenis-Jenis Printer

Ada 3 jenis printer yang umum dipakai dan sering dijumpai di perkantoran atau juga percetakan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Beberapa jenis tersebut adalah:

  1.   Dot Matrix

Dot Matrix merupakan jenis printer yang difungsikan dengan pita guna mencetak pada media kertas dengan hasil yang memang kurang bagus.

  1.   Ink Jet

Ink Jet menjadi alat cetak yang memakai tinta dengan kecepatan yang lebih baik dan hasil yang juga lebih bagus serta banyak dijumpai.

  1.   Laser Jet

Laserjet merupakan printer yang menggunakan bubuk tinta atau toner dilengkapi oleh infra merah serta berkualitas tinggi.

Kesimpulan

printer
printer

Setelah kamu menyimak semua tentang pengertian dan jenis-jenis printer di laman atas. Maka selanjutnya kamu sudah bisa menentukan ingin menggunakan printer yang mana sesuai kebutuhan.

 

Baca Juga: