Metode Mengembalikan Data Pada Drive Partisi yang Terhapus Atau Terformat, Terbukti 999 Datanya Kembali Utuh

Posted on

Metode mengembalikan data pada drive partisi yang terhapus atau terformat, terbukti 999 datanya kembali utuh bisa kamu pelajari dengan mudah. Hal ini diperlukan saat secara tidak sengaja kamu mengalami data terhapus atau terformat yang sama sekali tidak diinginkan.

Meskipun sebenarnya metode semacam ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan oleh pengguna yang sudah memahaminya. Namun, tetap saja bagi kamu yang belum mengetahui harus mempelajarinya hingga benar-benar mengerti bagaimana metodenya.

Metode Mengembalikan Data Pada Drive Partisi yang Terhapus Atau Terformat

Agar kelak saat mengalami permasalahan semacam ini kamu tidak lagi bingung mencari referensi karena sudah paham cara mengatasinya. Kamu bisa mempelajari metode mengembalikan data pada drive partisi yang terhapus atau terformat, terbukti 999 datanya kembali utuh berikut ini:

Tentang Metode Mengembalikan Data Pada Drive Partisi yang Terhapus Atau Terformat, Terbukti 999 Datanya Kembali Utuh

Metode Mengembalikan Data Pada Drive Partisi yang Terhapus Atau Terformat

Dalam perjalanannya, komputer adalah sebuah perangkat elektronik digital yang banyak digunakan untuk membantu pekerjaan manusia. Umumnya perangkat komputer ini digunakan pada bidang perkantoran, sekolah, bahkan untuk keperluan pribadi seseorang atau komputer rumahan.

Kecanggihan perangkat komputer sudah tidak perlu diragukan lagi, pengguna bisa membuat data seperti teks, gambar, grafik, dan lain sebagainya. Namun tetap saja komputer akan berfungsi dengan tepat menggunakan pengoperasian sumber daya manusia yang mengendalikannya.

Jadi, secanggih apapun alat komputer tersebut, tetap saja dikendalikan atau dioperasikan oleh sumber daya manusia yang menguasai bidang tersebut. Tetapi sekali lagi, sebagai manusia, jelas saja sering melakukan berbagai kesalahan baik disengaja atau tidak.

Baca Juga :  Higgs Domino Topbos

Artinya, bisa saja terjadi kesalahan oleh pengguna saat mengoperasikan komputer guna keperluan tertentu disaat yang bersamaan. Kesalahan yang umum terjadi dan tanpa disengaja adalah terhapusnya berbagai data penting dari komputer tersebut.

Pertanyaannya adalah, apakah data yang terhapus atau terformat tersebut bisa dikembalikan lagi secara utuh oleh si pengguna? Jawabannya, tentu saja bisa! Dengan menggunakan beberapa metode sebagai rujukan maka data yang terhapus tersebut bisa dikembalikan dengan mudah.

Namun tetap harus kamu perhatikan, bahwa pada saat terjadinya penghapusan atau pemformatan data tersebut, belum disentuh sama sekali. Maksudnya, data yang terhapus tersebut belum lama terjadi dan drivernya belum disentuh atau di utak-atik sama sekali.

Artinya drive masih dalam keadaan fresh dan harus dipastikan bahwa tidak ada penambahan data yang bisa berakibat fatal. Penambahan data bisa menimpa data yang terhapus tadi dan bisa saja data tersebut akan hilang secara otomatis.

Jika kamu memang tidak mengerti bagaimana cara mengatasinya, sebaiknya kamu cari terlebih dahulu referensi terkait permasalahan semacam ini. Atau jika memang takut terjadi resiko yang tak diinginkan, maka kamu bisa  menyerahkan kepada ahlinya atau yang benar-benar mengerti.

Untuk mempelajari metode mengembalikan data pada drive partisi yang terhapus atau terformat, terbukti 999 datanya kembali utuh, simak tutorial berikut:

Metode Mengembalikan Data Pada Drive Partisi yang Terhapus Atau Terformat, Terbukti 999 Datanya Kembali Utuh

Metode mengembalikan data pada drive partisi yang terhapus atau terformat, terbukti 999 datanya kembali utuh, mulai dengan persiapan dulu. Seperti penggunaan software EaseUS Data Recovery Wizard, untuk drive D yang terhapus.

Maka statusnya menjadi Unallocated, dan kamu mesti terlebih dahulu membuat partisi D dengan beberapa langkah. Awali dengan klik kanan space sesuai keinginan kamu pada Disk Management lalu klik lagi opsi New Simple Volume.

Baca Juga :  Manakah yang Harus di Upgrade Agar Performa PC Lebih Baik

Tetapi metode tersebut tidak berlaku untuk data yang hanya tidak sengaja terformat. Langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama kamu akan melihat Drive D yang terhapus,
  2. Lanjutkan dengan membuka software easeus Data Recovery Wizard,
  3. Bisa download di www.easeus.com, kemudian instal,
  4. Pertama membuka, akan diminta memilih jenis file ekstensi yang ingin di-scan, dan klik Next,
  5. Pilih drive yang ingin scan data misalnya drive D, dan lanjutkan klik Scan,
  6. Proses scanning akan lama, pastikan power tetap on, atau pastikan batre siap,
  7. Jika proses selesai, kamu akan melihat folder beserta isi file pada drive tersebut,
  8. File lawas ikut terangkat dan size bisa melebihi kapasitas drive,
  9. Jangan mengambil semua data ditemukan tersebut, karena sebagian data merupakan file lama yang tidak penting,
  10. Pilih satu per satu file yang bermanfaat, untuk menghemat drive,
  11. Cara menyimpan kembali cukup ceklist folder FD atau lainnya lalu klik kanan dan silahkan pilih recover,
  12. Kamu harus memilih folder untuk menyimpan data dan jangan letakan di drive sama lalu klik Save,
  13. Selesaikan saja prosesnya.

Note: Untuk mengamankan, lakukan cara sama, tetapi bila kapasitas drive tidak cukup menampung data. Maka kamu bisa pakai penyimpanan lain untuk backup data.

F. A. Q

F.A.Q

  • Bagaimana mengembalikan data Mac yang terhapus atau terformat pada hardisk?

Kamu bisa pilih dulu lokasi disk tempat data tersebut terhapus. Misalnya SSD atau HDD internal perangkat tersebut yang bisa kamu lepas dengan mudah. Lanjutkan dengan klik opsi Pindai menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard untuk Mac.

Hasil pemindaian akan ditampilkan di panel kiri.dan kamu bisa pilih file dan klik menu “Pulihkan Sekarang” agar data bisa dikembalikan lagi.

  • Bagaimana mengembalikan data Windows 10 yang terhapus atau terformat dari harddisk?

Dalam hal ini terbilang ringkas serta gampang, jika kamu mengalami terhapus atau terformat data dari harddisk windows 10. Maka silahkan kamu pakai software pemulihan data Windows 10 untuk mengembalikan data yang terhapus tersebut.

  • Jika sudah diformat, apakah data bisa dikembalikan lagi?

Perlu kamu catat bahwa pemformatan dan penghapusan merupakan dua hal yang berbeda dalam pengertiannya. Jika format, maka data tidak terhapus 100%, datanya masih tetap ada pada harddisk dan bisa dikembalikan menggunakan metode tertentu.

  • Apakah kartu SD terformat juga bisa dikembalikan datanya?

Kartu SD yang terformat, akan sangat mudah dikembalikan sama seperti mengembalikan data pada harddisk internal perangkat tersebut. Kamu hanya perlu membuka software pengembalian data seperti EaseUS Data Recovery Wizard sesuai dengan perangkatnya guna memindai dan mengembalikan data.

Baca Juga :  SSSTikTok

Kesimpulan

Kesimpulan

Metode mengembalikan data pada drive partisi yang terhapus atau terformat, terbukti 999 datanya kembali utuh sudah kami bagikan diatas. Sekali lagi diingatkan bila data terhapus atau terformat, jangan dulu kamu diutak-atik.

Bukan mustahil jika kamu tidak paham, maka akan berakibat yang tidak kamu inginkan seperti data kacau dan sulit ditemukan. Kamu bisa gunakan metode diatas untuk menanganinya, atau meminta bantuan orang lain yang lebih mengerti hal ini.

Jangan lupa untuk terus mengikuti pembaruan artikel kami setiap hari yang mengulas berbagai tutorial menarik seputar dunia komputer dan lainnya. Hal ini dimaksudkan agar apa yang kita diskusikan kali ini menjadi lebih bermanfaat bagi teman-teman kamu yang ingin mempelajarinya.

 

Baca Juga: