Cara Memberi Password Pada Flashdisk

Posted on

Cara memberi password pada Flashdisk, merupakan beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengunci perangkat tersebut agar menjadi lebih aman. Dengan begitu kamu tidak perlu lagi khawatir akan ada gangguan dari pihak lain baik secara sengaja atau tidak.

Metode ini banyak dipakai oleh para pengguna yang biasanya menyimpan berbagai data atau dokumen penting dalam perangkat Flashdisk. Agar lebih aman, maka pengguna memilih untuk menambahkan kata sandi pada perangkat tersebut supaya tidak mudah dibuka orang lain.

Hal ini menjadi lumrah mengingat seringnya terjadi kelupaan secara tidak sengaja meninggalkan Flashdisk ditempat kerja atau lainnya. Untuk mengatasi berbagai hal yang tidak diinginkan, maka kamu perlu mengetahui bagaimana cara memberi password pada Flashdisk.

Cara Memberi Password Pada Flashdisk

Kamu juga bisa mempelajari hal ini dengan menyimak penjelasan pada artikel https://forbes.id/ kali ini. Simak ulasannya dibawah ini secara lengkap:

Sekilas Tentang Cara Memberi Password Pada Flashdisk

Flashdisk merupakan sebuah tool untuk menyimpan berbagai data eksternal (NAND) yang dikoneksikan pada port USB yang diintegrasikan dari perangkat komputer. Alat kecil ini memiliki kemampuan untuk menyimpan berbagai data yang penting dengan aman dan secara utuh.

Biasanya pengguna lebih memilih metode penyimpanan semacam ini untuk mempermudah mereka di saat ingin membuka data tersebut kapan saja. Menariknya lagi alat kecil ini juga tidak hanya mampu menyimpan data dalam jumlah banyak, lebih dari itu alat ini juga bisa ditulis dan dibaca.

Menariknya lagi alat kecil ini juga tidak hanya mampu menyimpan data dalam jumlah banyak, lebih dari itu alat ini juga bisa ditulis dan dibaca.

Umumnya pengguna memakainya untuk mentransfer data dari perangkat komputer satu pada perangkat komputer yang lainnya. Lagi pula menyimpan data pada Flashdisk akan lebih aman dari jangkauan orang-orang yang tidak bertanggung jawab bahkan hacker sekalipun.

Baca Juga :  Chip Gratis

Menariknya lagi, kamu sebagai pengguna bisa mengantisipasi persoalan keamanan yang bisa saja terganggu pada Flashdisk tersebut. Yakni dengan menggunakan cara memberi password pada Flashdisk, agar lebih aman dari berbagai gangguan.

Metode ini bisa kamu lakukan tanpa harus menggunakan dukungan dari pihak ketiga yang berupa aplikasi atau situs tertentu. Terutama pada windows 10, kamu bisa menggunakan salah satu layanan yang ada didalamnya untuk masalah ini.

Supaya tidak semakin penasaran, kamu bisa membaca pejelasan berikut hingga selesai:

Cara Mengunci dan Memberikan Password Flashdisk

Cara Mengunci dan Memberikan Password Flashdisk

  1. Memanfaatkan Layanan BitLocker Drive Encryption Windows 10

  • Silahkan kamu buka saja Control Panel di Laptop atau PC yang digunakan. Lalu silahkan kamu klik System and Security yang ditampilkan sebagai menu pilihan kamu untuk melanjutkan langkah. Saat berada pada laman System and Security, kamu lanjutkan dengan klik BitLocker Drive Encryption yang terdapat sebagai menu didalamnya,
  • Berikutnya jika sudah berada pada jendela BitLocker Drive Encryption, maka kamu akan melihat tampilan  semua drive di PC. Termasuk flashdisk yang ingin kamu berikan password tadi. Sampai disini lanjutkan langkahmu dengan klik Turn on BitLocker lalu kamu selesaikan Starting BitLocker tersebut,
  • Kemudian jangan lupa untuk memasukkan kata sandi atau password agar flashdisk kamu bisa terkunci kemudian silahkan klik tombol Next. Untuk menjaga agar kamu selalu ingat pada password tersebut, maka kamu perlu membuat back up untuk recovery key pada Flashdisk tadi,
  • Kamu bisa memilih menu seperti memilih Save to a file. Maka secara otomatis kamu menyimpan recovery key didalam sebuah file dengan format .txt. Lalu kamu segera pilih direktori penyimpanan file, kemudian silahkan kamu atur nama file dan klik tombol Save,
  • Lanjutkan langkah dengan Klik tombol Next  dan pada Choose how much of your drive to encrypt. Kamu bisa pilih Encrypt entire drive (slower but best for PCs and drives already in use). Seterusnya kamu lanjutkan lagi dengan klik tombol Next,
  • Jangan lupa pada Choose which encryption mode to use, pilih Compatible mode (best for drives that can be moved from this device). Lalu, lanjutkan langkah dengan klik tombol Next, dan selesaikan saja proses enkripsi,
  • Jika sudah, dapat dipastikan bahwa flashdisk sudah dikunci dengan password. Berikutnya kamu bisa klik tombol Close.
  • Kamu bisa mengubah password, atau menghapus password, dengan buka File Explorer dan klik drive. Masukkan saja pilihan password lalu klik tombol Unlock dan selesai.
Baca Juga :  Manakah yang Harus di Upgrade Agar Performa PC Lebih Baik

Catatan

Kamu tidak boleh salah dalam melakukan metode yang kami bagikan diatas untuk memberikan kata sandi pada Flashdisk milik kamu. Urutkan langkah yang dibagikan dengan tepat agar proses penguncian Flashdisk bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan keinginan kamu.

Dengan begitu semua data dan dokumen yang ada dalam Flashdisk kamu tersebut akan tersimpan dengan aman dan tidak bisa dibuka selain kamu. Tetapi kamu juga harus tetap mengingat passwordnya untuk digunakan sewaktu-waktu kamu memerlukannya.

Cara Memberi Password Pada Flashdisk Lainnya

Cara Memberi Password Pada Flashdisk Lainnya

Selain metode yang sudah kami bagikan di atas, kamu juga bisa menggunakan cara lain yang bisa saja lebih mudah bagi sebagian orang. Setidaknya, ini akan lebih ringkas untuk kamu lakukan menggunakan perangkat yang kamu miliki.

  1. Dengan Software

  • Langkah pertama bisa kamu mulai langkahnya dengan menempatkan software flash disk lock diluar atau didalam Flashdisk,
  • Kemudian silahkan buka dan jalankan saja aplikasi dan segera buat kata sandinya dan klik pilihan Kunci,
  • Secara otomatis perangkat lunak ini akan membuat folder dengan terpisah dengan ketentuan bisa dilihat tapi tak bisa dihapus atau lainnya,
  • Nantinya Flashdisk kamu akan terkunci secara otomatis dan semua data kamu akan aman di dalamnya,
  • Jika ingin membuka kuncinya, maka kamu harus masuk lagi pada aplikasi dan memasukkan password kamu lalu klik opsi Buka,
  • Langkah selesai dan nikmati.

Note: Sudah kami jelaskan tadi bahwa metode ini memungkinkan kamu untuk membuat password pada Flashdisk dengan folder terpisah. Selain itu folder tersebut tidak akan bisa kamu hapus dan kamu bisa menggunakan cara ini jika menginginkannya.

  1. Dengan Notepad

Langkah yang berikut ini dipandang jauh lebih mudah dan ringkas bagi sebagian pengguna yang menyukainya. Kamu hanya perlu salin dan tempelkan lalu mengoperasikan script, seperti beberapa petunjuk berikut ini:

  • Awali langkahmu dengan membuka Notepad, lalu silahkan copy dan paste script “Windows Registry Editor Version 5.00” dan “HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\StorageDevicePolicies]”,
  • Lalu pastekan saja  script tersebut ke dalam notepad,
  • Kemudian perhatiakn opsi “WriteProtect”=dword:00000001” dan kamu silahkan simpan file Notepad dengan tajuk “kunci flashdisk.reg”,
  • Sampai disini kamu sudah bisa menjalankan file tersebut untuk memberikan password,
  • Langkah selesai dan nikmati.
Baca Juga :  Bagian Bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya

Ingat: Metode satu ini berguna untuk mematikan fungsi dari drive yang bukan pada Flashdisk yang ada di komputer atau laptop kamu. Jika ingin membukanya, maka kamu bisa gunakan file baru yakni buka flashdisk.reg.

Kemudian gunakan script “Windows Registry Editor Version 5.00” dan “HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\StorageDevicePolicies]” serta “WriteProtect”=dword:00000000” pada file-nya.

Kesimpulan

Kesimpulan

Cara memberi password pada Flashdisk sudah dengan rinci kami bagikan untuk kamu yang membutuhkan referensi semacam ini. Jangan lupa untuk terus mengikuti update artikel kami yang lainnya tentang berbagai informasi terkait dengan teknologi. Tentu saja sudah kami kemas dengan bahasa yang lugas dan mudah untuk kamu mengerti.

 

Baca Juga: