Bagian Bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya

Posted on

Bagian-bagian komponen Motherboard dan fungsinya, merupakan kumpulan perangkat komputer terletak pada satu papan yang terdiri dari beberapa alat penting. Seperti CPU, slot RAM, slot AGP, dan lain sebagainya yang mempunyai fungsi masing-masing untuk menghubungkan komponen pada sebuah komputer.

Motherboard sendiri menjadi penting dan tidak bisa dipisahkan sebagai bagian alat komputer karena memiliki fungsi dan tempatnya sendiri. Bisa dikatakan juga bahwa Motherboard ini merupakan induk dari beberapa komponen penting tersebut yang tergabung menjadi satu alat.

Sebagai pengguna komputer yang aktif, kamu mesti mengetahui fungsi utama dari Motherboard ini dan apa saja komponen yang ada didalamnya. Kamu bisa mempelajari Bagian-bagian komponen Motherboard dan fungsinya dengan membaca artikel https://forbes.id/ yang dibagikan kali ini sampai benar-benar selesai.

Berikut ini sajiannya secara lengkap:

Tentang Bagian Bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya

Tentang-Bagian-Bagian-Komponen-Motherboard-dan-Fungsinya
Tentang-Bagian-Bagian-Komponen-Motherboard-dan-Fungsinya

Saat kita bicara tentang Bagian-bagian komponen Motherboard dan fungsinya, kamu pasti teringat sebuah papan dengan beberapa alat lain pada komputer. Alat yang pertama kali dibuat oleh pabrikan Apple untuk produk Apple II tahun 1977 silam dengan fungsinya tersendiri.

Motherboard merupakan sebuah komponen penting yang terdapat dalam sebuah komputer dilengkapi dengan beberapa elemen lainnya. Beberapa alat tersebut seperti slot RAM, slot AGP, slot PCI, dan lain sebagainya yang tergabung menjadi satu pada sebuah papan.

Baca Juga :  Metode Mengembalikan Data Pada Drive Partisi yang Terhapus Atau Terformat, Terbukti 999 Datanya Kembali Utuh

Dulunya Motherboard dibuat dengan komponen terpisah dan dihubungkan menggunakan kabel-kabel yang terkoneksi pada perangkat komputer lainnya. Berbeda pada saat ini Motherboard dibuat lebih ringkas pada satu papan yang berisi beberapa slot untuk dihubungkan satu dengan lainnya.

Dengan kata lain Motherboard adalah sebuah papan sirkuit untuk beberapa bagian yang berhubungan pada Macintosh atau PC. Dalam dunia IT Motherboard ini sering disingkat dengan istilah “Mobo” sebagai kependekan dari namanya tersebut agar lebih mudah untuk diingat.

Atau ada juga pengguna yang kerap menyebutnya dengan istilah Mainboard yakni papan utama yang berbentuk PCB dengan Chip BIOS didalamnya. Dimana semua jalur serta konektor yang ada di dalam Mainboard ini merupakan penghubung masing-masing perangkat yang diakses.

Perlu kamu ketahui juga bahwa dalam sebuah sistem pengoperasian komputer, akan ada peripheral yang saling berhubungan pada Motherboard tersebut. Kemudian semua peripheral tadi meneruskan perintah yang melalui jalur papan atau board tadi.

Dari semua peripheral yang saling berhubungan tersebut, maka akan terbentuk suatu sistem komputer secara utuh untuk dioperasikan pengguna. Motherboard sendiri berfungsi untuk menghubungkan semua komponen yang disusun dalam sebuah komputer.

Atau kerap dikatakan sebagai komponen inti sebuah sistem komputer jenis apa saja, karena setiap sistem komputer akan terkoneksi pada Motherboard. Hal ini mencakup kesemuanya yang berhubungan baik itu secara tidak langsung atau bahkan secara langsung.

Untuk lebih memahami apa saja komponen Motherboard, silahkan kamu simak uraiannya berikut:

Bagian Bagian Komponen Motherboard

Bagian-Bagian-Komponen-Motherboard
Bagian-Bagian-Komponen-Motherboard

Secara singkat kami akan berbagi untuk kamu semua tentang berbagai komponen yang terdapat dalam sebuah Motherboard komputer seperti dibawah ini:

1. Soket CPU (Processor Socket)

Komponen ini biasa dipakai untuk menyisipkan prosesor dan terdiri dari dua jenis soket. Yaitu soket ZIF atau Zero Insertion Force model baru dan soket LIF atau Low Insertion Force model lama.

2. North Bridge

Terletak dekat soket prosesor dan merupakan bagian penting Motherboard atau ini adalah titik fokus dari Motherboard itu sendiri. Bagian ini sering disebut dengan istilah memory controller hub yang terhubung pada socket Processor, slot AGP dan slot RAM.

Baca Juga :  Chip Gratis

3. South Bridge & North Bridge

Merupakan dua kutub utama Motherboard yang terhubung dengan IDE sekunder dan primer, Floppy Drive, slot PCI, konektor SATA, juga BIOS.

4. Slot RAM

Ialah satu bagian Motherboard untuk menyisipkan atau menginstal RAM.

5. Slot AGP

Ini dipakai untuk memasukkan AGP Card atau Accelerated Graphics Port, yakni slot kartu grafis untuk game 3D. Bagian ini terletak di samping slot PCI.

6. Slot PCI

Slot PCI atau Peripheral Component Interconnect, dipakai menyisipkan Add-on Card, misalnya kartu Sound , kartu TV tuner dan kartu LAN.

7. (CMOS) Complementary Metal Oxide Semicondutor

Merupakan baterai untuk power memori kecil Motherboard guna menyimpan settingan waktu, konfigurasi komputer, dan lain-lain. Sehingga pengguna tidak perlu mengkonfigurasi hal-hal tadi setiap kali menghidupkan komputer

8. Primary & Secondary IDE Interfaces

Bagian ini merupakan konektor IDE (Integrated Device Electronics ), atau konektor PATA, mendukung perangkat IDE, seperti DVD drive, Hard disk dan CD.

9. Konektor SATA

Sering juga disebut dengan serial ATA atau Serial Advanced Technology Attachment, dengan fungsinya menghubungkan perangkat serial ATA.

10. BIOS

Singkatan dari Basic Input Output System, yakni salah satu chip penting Motherboard, guna mengerjakan Power On Self Test (POST).

Fungsi Utama Motherboard dalam Komputer

Fungsi-Utama-Motherboard-dalam-Komputer
Fungsi-Utama-Motherboard-dalam-Komputer

Sebagai komponen dari sebuah komputer, Motherboard tentu saja mempunyai fungsi untuk mendukung kinerjanya. Beberapa fungsi tersebut adalah:

  • Sebagai Pusat Komunikasi

Kegunaan Motherboard yang pertama adalah sebagai pusat komunikasi untuk semua bagian komputer yang berhubungan langsung atau tak langsung. Fungsinya untuk semua pengiriman lintas data bagian komputer perbagian sesuai apa yang dibutuhkan.

  • Menghubungkan Komponen Langsung atau Tak Langsung

Dalam Motherboard terdapat beberapa peripheral yakni jack audio, hard drive, printer, keyboard, dan mouse. Fungsinya menghubungkan langsung ke Motherboard tadi melewati konektor, socket, dan port yang ada.

  • Memberikan Bantuan Booting

Kemudian ada lagi kegunaan berikutnya yakni untuk bantuan booting saat menghidupkan komputer melalui Read Only Memory atau ROM. Praprogram ini juga dikenal dengan istilah Basic Input / Output System atau BIOS.

  • Menyediakan Tata Letak

Motherboard juga berfungsi sebagai penyedia tata letak dari berbagai komponen yang ada didalam komputer. Seperti kartu grafis, RAM atau memori sistem, dan CPU atau Central Processing Unit yang tertanam di dalamnya. Hubungan ini dikenal dengan istilah Hub Komponen.

  • Mengatur Mengedarkan Daya

Kemudian ada lagi kegunaan dari Motherboard yang terdapat dalam sebuah komputer yang sering digunakan. Yakni untuk mengatur mengedarkan daya bagian komputer sesuai kebutuhan pada setiap bagian.

  • Mentransfer Data Ke Semua Komponen

Motherboard juga memiliki fungsi yang dilakukan sebagai papan sirkuit, yakni mentransfer data ke semua komponen dengan jalur berbeda. Sistem ini sering disebut oleh pengguna sebagai istilah buses.

Baca Juga :  Apa Itu Booting Komputer dan Bagaimana Prosesnya?

Dari semua fungsi Motherboard yang telah kami sajikan untuk kamu diatas, kedepannya kamu sudah memahami apa kegunaan komponen ini. Sehingga kamu bisa melakukan perawatan pada komponen yang bernama Motherboard ini dengan lebih baik lagi.

Kesimpulan

Kesimpulan
Kesimpulan

Bagian-bagian komponen Motherboard dan fungsinya, sudah kami jelaskan secara rinci untuk kamu pelajari jika membutuhkan referensi semacam ini. Hal ini juga bisa kamu bagikan langsung kepada semua teman kamu yang juga membutuhkan rujukan yang sama.

Jangan lupa untuk terus mengikuti pembaharuan artikel kami setiap harinya yang mengulas tentang informasi teknologi secara ringkas. Tentu saja sudah kami kemas dalam bahasa yang mudah kamu mengerti dan diupayakan setiap pembahasan menjadi bermanfaat.

 

Baca Juga: