6 Tools untuk Membuat Bootable USB dari File ISO

Posted on

6 tools untuk membuat Bootable USB dari file ISO, merupakan kumpulan beberapa software yang bisa digunakan untuk setting sistem  komputer. Kamu bisa memilih salah satunya dan disimpan pada perangkat seperti Flashdisk untuk sewaktu-waktu digunakan, terutama untuk proses instal program.

Metode semacam ini banyak dipakai oleh pengguna karena dinilai lebih mudah dalam memperbaharui pengoperasian sistem pada komputer. Umumnya proses instal perangkat komputer memakai alat USB memang lebih cepat dan ringkas jika dibandingkan dengan menggunakan DVD drive.

Selain itu ada manfaat lainnya yang bisa dirasakan oleh pengguna, yakni sisa memori bisa dipakai untuk menyimpan dokumen penting lainnya. Inilah yang menjadi alasan mengapa sebagian pengguna komputer lebih memilih memakai USB tersebut untuk media penyimpanan yang aman.

Agar kamu tidak semakin penasaran dengan apa saja 6 tools untuk membuat Bootable USB dari file ISO? Langsung saja simak ulasan berikut:

Apa Pengertian dari Bootable?

Apa Pengertian dari Bootable?
Apa Pengertian dari Bootable?

Sebelum kita melanjutkan pembahasan, terlebih dahulu kamu harus mengerti apa yang dimaksud dengan Bootable itu sendiri. Hal ini diperlukan agar kamu bisa menjalankan instalasi dengan tepat dan pendalaman yang juga sesuai dengan apa yang kamu lakukan.

Bootable merupakan satu layanan pada OS atau Operation System yang terletak pada media penyimpanan seperti DVD/ CD, Flashdisk, dan lainnya. Artinya setiap media penyimpan bisa dikatakan Bootable jika didalamnya terdapat Operation System yang bisa dipakai untuk instalasi komputer khususnya.

Hal ini memang harus dipahami dengan seksama, karena ada sebagian orang yang menganggap Bootable ini adalah media penyimpanan Flashdisk saja. Pastinya, setiap media penyimpanan tidak bisa dikatakan Bootable jika didalamnya tidak terdapat sistem operasi untuk pembaruan perangkat.

Baca Juga :  SSSTikTok

Disebut Bootable karena semua sistem operasi restart menggunakan storage seperti Flashdisk, Hard Disk Drive (HDD), CD/DVD dan sebagainya. Misalnya, mengatur BIOS saat instal dengan FD, harus menentukan lokasi penyimpanan yang akan digunakan setelah first boot.

Selain itu, Bootable memiliki sejumlah fungsi, seperti instal OS, bersihkan data, pulihkan data, mengatasi masalah hardware dan software. Juga bisa menjadi tampilan, perangkat lunak kontrol langsung jika kehilangan kata sandi dan pemicu yang kompatibel dengan sistem operasi.

Jadi Bootable adalah media penyimpanan yang bisa berupa kartu memori, CD/DVD, Flashdisk, Hardisk, dan lainnya. Berisi sistem operasi untuk mem-boot komputer tanpa memerlukan hard disk, sehingga nantinya dapat bertukar data. Juga memungkinkan sistem operasi diinstal pada hard disk.

Setelah kami jelaskan dengan rinci apa yang dimaksud dengan Bootable diatas, maka kami berharap kamu sudah memahaminya dengan tepat. Selanjutnya kamu harus tahu apa saja 6 tools untuk membuat Bootable USB dari file ISO, sebagai alternatif jika ingin menggunakannya.

Berikut ini ulasan-nya secara lengkap, kami sajikan untuk kamu semua:

6 Tools untuk Membuat Bootable USB dari File ISO

6 Tools untuk Membuat Bootable USB dari File ISO
6 Tools untuk Membuat Bootable USB dari File ISO

Bagi kamu yang ingin menginstal sistem operasi pada komputer atau laptop kamu miliki naik dirumah atau dikantor. Maka bisa langsung menyimak beberapa Bootable USB yang dapat kamu pilih dan gunakan dengan mudah dan ringkas.

Berikut ini urutannya:

  1. Rufus

Rufus adalah sebuah aplikasi yang sering sekali dipakai oleh teknisi komputer untuk program instal sistem operasi. Kapasitas aplikasi ini terbilang kecil sehingga bisa disimpan dengan aman didalam sebuah Flashdisk.

Tak hanya skema partisi saja, kamu bahkan dapat memilih ukuran file, ukuran batch, dan jenis boot. Cara menggunakannya sederhana, pilih perangkat yang dapat digunakan dan pilih gambar ISO yang ingin diambil dan kemudian gunakan untuk instalasi.

Fitur yang ada dalam Rufus ini seperti: Partition schemes, bad sector check, file systems, dan mode of bootable.

Baca Juga :  Hapus Jaringan Wifi Tersimpan di Windows 10

Download Disini

  1. RMPrepUSB

RMPrepUSB merupakan satu tool yang terbilang lengkap dan juga bisa dipakai oleh teknisi komputer untuk program instal sistem operasi. Beberapa fitur dalam alat ini seperti grub4dos, syslinux, QEMU Emulator, Bootloader options, dan file systems and overrides.

Selain itu ada juga fitur tambahan seperti bootloader lain, konfigurasi pengguna individu, Disk Doctor, and Test Speed. Kamu bisa dengan mudah mengunduh alat ini dari link dibawah ini dengan hanya sekali klik dan berguna untuk instal OS komputer.

Download Disini

  1. YUMI

YUMI merupakan singkatan dari Your Universal Multiboot Installer yang merupakan multiboot installer pada banyak jenis ISO baik Windows atau Linux. Didalamnya terdapat berbagai fitur seperti multiboot installer, Multiboot, dan inbuilt download selector.

Jika kamu mau, kamu juga bisa langsung mengunduh YUMI dari link berikut:

Download Disini

Download Tools untuk Membuat Bootable USB dari File ISO Lainnya

Download Tools untuk Membuat Bootable USB dari File ISO Lainnya
Download Tools untuk Membuat Bootable USB dari File ISO Lainnya

Selain ketiga pilihan Bootable yang sudah dibagikan di atas, ada tiga lainnya yang bisa kamu download dan gunakan untuk tujuan sama. Kamu bisa menjadikannya sebagai Bootable pada USB milik kamu dengan mengklik pada link download di bawahnya.

Ketiga pilihan tersebut adalah:

  • Windows 7 USB/DVD Download Tool

Meskipun alat ini tidak menyertakan fitur, tapi kamu bisa mengunduhnya dan menjadikannya sebagai opsi Bootable. Kamu hanya perlu memilih ISO lalu pilih jenis media penyimpanannya seperti DVD atau USB. Lanjutkan dengan mengklik begin copying dan otomatis akan memproses sistem.

Download Disini

  • Ultra ISO

Selanjutnya kamu juga bisa memakai alat Ultraiso versi trial guna membuat Bootable pada USB milik kamu. Meskipun jumlah instalnya dibatasi, namun alat ini menawarkan sejumlah fitur seperti Hide boot partition, dan Write method.

Kamu bisa mendownload pada link ini:

Download Disini

  • WinSetupFromUSB

Begitu juga dengan alat WinSetupFromUSB yang adalah salah satu sering dipakai untuk Bootable sistem operasi Windows. Kamu akan melihat berbagai fitur seperti mid-range, FBinstTool, dan BOOTICE.

Baca Juga :  Download Ubuntu Server 32 Bit

Selain itu ada juga fitur lainnya seperti three formatting tools including RMPrepUSB, Bootloader options, dan QEMU Emulator. Pengguna yang berminat mengunduh alat ini, bisa langsung menekan ikon download berikut:

Download Disini

Cara Membuat Bootable

Cara Membuat Bootable
Cara Membuat Bootable
  1. Menggunakan DVD

  • Pertama silahkan kamu pilih dulu file ISO-nya,
  • Lakukan klik kanan pada file ISO tersebut dan lanjutkan dengan klik Burn disc image,
  • Lalu silahkan tentukan lokasi pada DVD Drive dan silahkan klik opsi Burn,
  • Selesaikan saja prosesnya hingga 100%,
  • Jika sudah, maka kepingan DVD akan keluar dengan sendirinya,
  • Langkah selesai.
  1. Menggunakan USB (Rufus)

  • Pertama silahkan kamu buka aplikasi Rufus,
  • Kemudian pastikan USB kamu sudah terpasang,
  • Lalu klik pada opsi file system NTFS atau bisa juga pada FAT32,
  • Lanjutkan dengan klik tombol Disc untuk menentukan file ISO yang ingin kamu jadikan Bootable,
  • Klik file ISO yang akan dijadikan Bootable tersebut, dan klik lagi Start guna memulai Writing Image-nya,
  • Berikutnya kamu klik pilihan OK yang terdapat pada tampilan pesan yang kamu terima,
  • Selesaikan saja proses Writing ini sampai 100%,
  • Sampai disini bisa dipastikan USB kamu sudah bisa dipakai,
  • Langkah selesai.

Kesimpulan

Kesimpulan
Kesimpulan

6 tools untuk membuat Bootable USB dari file ISO, sudah akmi jelaskan dengan lengkap untuk kamu semua yang membutuhkannya. Kamu bisa memilih salah satunya dan mengunduhnya dari link yang tersedia dalam artikel ini.

 

Baca Juga: