4 Cara Install Linux Ubuntu di Komputer Windows

Posted on

4 cara install Linux Ubuntu di komputer windows merupakan beberapa langkah jika kamu ingin tahu cara memasang Linux Ubuntu tersebut. Metode ini mungkin sedikit sulit bagi mereka yang belum mengetahuinya secara keseluruhan.

Tetapi sebaliknya, ini memang terbilang mudah jika kamu sudah benar-benar memahami urutan dan mungkin pernah mempraktekkannya. Program ini digadang-gadang akan lebih menarik digunakan apabila dibandingkan dengan Windows yang sudah lebih dulu populer.

Nah, apa sajakah urutan 4 cara install Linux Ubuntu di komputer windows yang bisa kamu pelajari dengan ringkas dan mudah? Sebagai jawabannya, kamu bisa melihat ulasan-nya secara lengkap yang akan kami bagikan dibawah ini untuk kamu semua.

Check it out:

4 Cara Install Linux Ubuntu di Komputer Windows, Ringkas, Mudah, dan Cepat

4-Cara-Install-Linux-Ubuntu-di-Komputer-Windows-Ringkas-Mudah-dan-Cepat
4-Cara-Install-Linux-Ubuntu-di-Komputer-Windows-Ringkas-Mudah-dan-Cepat

Ada 4 step yang memang menjadi bagian penting saat kamu memastikan ingin menggunakan program Linux Ubuntu pada komputer yang kamu punya. Hal ini berkaitan kesiapan dan metode pemasangan program ini secara menyeluruh.

  1. Kesiapan Beralih Penggunaan program

Langkah pertamanya yang memang harus benar-benar diperhatikan adalah kesiapan kamu untuk mengupgrade program kamu dari Windows ke Linux. Hal sebenarnya kembali kepada diri kamu sendiri apakah tertarik untuk mencoba Linux, dan tempat yang baik untuk memulai yakni dengan Ubuntu.

Meskipun Linux tidak sama dengan Windows, Ubuntu adalah distributor Linux yang paling terjangkau, yang menawarkan antarmuka dan tampilan mudah digunakan. Bisa saja kemudian kamu berpikir tentang bagaimana menggunakan Ubuntu sebagai sistem operasi pertama yang baru dari sebelumnya menggunakan Windows.

Baca Juga :  Langkah Cara Install Linux Ubuntu Desktop 14 04 LTS Trusty Tahr

Untuk alasan ini kamu juga perlu memahami cara mentransfer data dari Windows ke Ubuntu, dengan asumsi bahwa akan melakukan perubahan. Hal ini dimaksudkan agar kamu lebih mendalami lagi penggunaan Linux Ubuntu yang terpasang kedalam komputer kamu.

  1. Pilih Jenis Distro Linux

Kamu jelas sudah mengerti bahwa tersedia beberapa versi Linux yang bisa kamu pilih saat ingin menggunakannya kapan saja. Mulai dari yang hanya untuk digunakan hardcore, sementara yang lain datang dengan versi Windows. Ini dirancang untuk membantu pendatang baru dari platform lain membuat perjalanan mereka di Linux lebih mudah.

Tidak ada alasan mengapa tidak perlu melihat daftar distributor Linux terbaik dan mencoba beberapa metode lain. Setelah mengunduh distribusi Linux, jangan lupa untuk membakar ke DVD sebagai persiapan untuk instalasi. Jika DVD tidak tersedia, flash drive USB juga dapat diinstal sebagai pemutar media, namun tidak harus mengutamakannya.

Kamu juga boleh mencoba beberapa Ubuntu sebelum menginstal untuk mengenal Ubuntu. Gunakan penginstal Ubuntu untuk menjalankan, dua opsi Installl Ubuntu dan Live CD akan ditampilkan. Setelah itu kamu bisa pilih LiveCD. Karena memang tak semua komponen Linux memiliki format Live CD.

Lanjutan 4 Cara Install Linux Ubuntu di Komputer Windows

Lanjutan-4-Cara-Install-Linux-Ubuntu-di-Komputer-Windows
Lanjutan-4-Cara-Install-Linux-Ubuntu-di-Komputer-Windows

Setelah kamu menyimak 2 langkah awal yang ada di atas, maka kamu juga perlu memperhatikan dua langkah berikutnya. Hal ini masih berkaitan dengan apa yang menjadi pembahasan saat kamu ingin memasang program Linux Ubuntu.

Lanjutannya adalah:

  • Ubuntu dan Dual Booting Windows 8

Setelah apa yang kamu simak mengenai program Ubuntu ini, maka bisa saja kamu masih belum memastikan ingin beralih penggunaan. Untuk itu kamu juga harus melanjutkan pengertian tentang Ubuntu dan Dual Booting Windows 8 untuk dasar membuat partisi baru.

Baca Juga :  Instal Remix OS

Tentu saja partisi tersebut untuk hardisk dan instal Operation Sistem Linux pada komputer kamu dan akan digunakan sesuai keinginan kamu. Penggunaan bisa dengan  mudah kamu lakukan dengan mengarahkan tombol panah yang terdapat pada keyboard kamu.

  • Apabila Terjadi Kesalahan

Sebaliknya, kesalahan dalam menginstal Linux sangat jarang, karena apa yang kita instal tidak jauh berbeda dengan cara kita menginstal Windows. Namun jika terjadi kesalahan, tidak ada salahnya untuk kembali ke Windows.

Jika kamu telah menggunakan Live CD atau mesin nyata sejauh ini, seharusnya tidak menjadi masalah. Namun, jika membuka Ubuntu dengan Windows, kamu akan senang ketika kembali ke sistem operasi dan menghapus Ubuntu dari hard drive.

Untungnya, ini sangat sederhana dan dapat dilakukan dengan aman tanpa kehilangan data. Ini termasuk menyimpan data dari Linux ke perangkat eksternal, dan beralih ke Windows untuk menghapus partisi dan memulihkan MBR.

Sementara itu, jika kamu memutuskan untuk benar-benar berubah, kamu dapat dengan mudah menggunakan OS baru ini. Kamu dapat mengatur Ubuntu sebagai satu-satunya cara untuk komputer, dan cara terbaik menghidupkan komputer lama atau menikmati teknologi terbaru.

Pengertian Ubuntu

Pengertian-Ubuntu
Pengertian-Ubuntu

Ubuntu merupakan OS untuk pendistribusian Linux yang berdasarkan Debian dengan sistem terbuka dan menggunakan layanan gratis. Sistem operasi dibangun menggunakan alat Debian dan terintegrasi dengan server, desktop dan Linux.

Sejak diluncurkan, sistem operasi ini populer di kalangan banyak orang karena mudah dipasang dan digunakan. Platform komputer Ubuntu yang tidak terstruktur dikenal sebagai Unity, sebuah situs komputer dengan alat pencarian yang kuat untuk menemukan semua program dan dokumen.

Sistem komputer juga terintegrasi dengan aplikasi lain seperti pemutar video, dan situs jejaring sosial. Selain Unity, kamu juga dapat menggunakan domain lain seperti XFCE, MATE, GNOME, KDE, dan LXDE.

Tidak hanya itu, ada tipe khusus yang dirancang untuk bekerja dengan situs-situs ini seperti Lubuntu, Ubuntu MATE, Xubuntu, Ubuntu GNOME, dan Ubuntu.

Baca Juga :  Manakah yang Harus di Upgrade Agar Performa PC Lebih Baik

Ubuntu dioperasikan dan didukung oleh Canonical. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2004 oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Dana dari bantuan komersial digunakan untuk pengembangan Ubuntu lebih lanjut. Canonical juga bertanggung jawab untuk merilis versi terbaru setiap enam bulan, mengawasi keamanan dan server jejaring sosial online Ubuntu.

Berbagai Fitur Ubuntu

Berbagai-Fitur-Ubuntu
Berbagai-Fitur-Ubuntu

Seperti pada program lainnya, jelas Ubuntu memiliki berbagai fitur yang lengkap untuk bisa digunakan oleh semua user. Beberapa fitur tersebut adalah:

  1. Gratis dan Terbuka

Fitur pertama yang langsung bisa kamu nikmati dari Ubuntu adalah sistem didalamnya terbuka dan tentu saja ini gratis. Selain itu kamu juga bisa menggunakan program ini dengan cara yang terbuka dan akan lebih memudahkan kamu secara keseluruhan.

  1. Sistem Penggunaannya Mudah

Pengguna juga bisa mempelajari sistem pemakaian Ubuntu dengan cara yang sangat simple dan terbilang mudah dilakukan. Hal ini mencakup keseluruhan dari Ubuntu mulai dari tampilan hingga cara menggunakan yang memang ringkas.

  1. Aman

Kamu juga bisa menikmati pemakaian Ubuntu ini dengan aman dan tak perlu khawatir pada virus bawaan yang bisa menyerang. Dengan sistem Built-In Firewall dan perlindungan virus yang juga sangat mumpuni, maka kamu bisa menikmatinya dengan aman.

Penutup

Penutup
Penutup

4 cara install Linux Ubuntu di komputer windows sudah dijelaskan secara rinci dalam artikel https://forbes.id/ kali ini. Kamu bisa mempelajarinya jika mau dan membagikannya kepada semua teman yang membutuhkan rujukan semacam ini.

 

Baca Juga: